10 Iklan Terbaik Piala Dunia versi Media Asia

>> Monday, July 5, 2010

1. Adidas Jepang

Mitra resmi Piala Dunia ini mengambil pendekatan berbeda di Jepang dengan mengeluarkan iklan dalam bentuk serial komik. Iklan ini memasang pemain sepakbola Jepang, Atsuto Uchida dan Takayuki Morimoto. Iklan tersebut berjudul ‘The Feather Leads to Revolution.’
Bagian terbaik dari iklan ini adalah membuat Piala Dunia berarti bagi anak-anak dengan melibatkan mereka dalam proyek. Agen iklan terkait meminta berbagai sekolah di 13 kota di Jepang untuk membuat 13 panel komik raksasa.
Ke-13 panel komik tersebut kemudian disatukan menjadi satu bentuk utuh pada 25 Mei lalu di Bandara Haneda, bertepatan dengan keberangkatan tim Jepang ke Afrika Selatan.


2. Coca-Cola

Coca-Cola bercermin ke masa lalu dalam iklan televisinya yang berjudul ‘History of Celebration’ (Sejarah Sebuah Perayaan). Perusahaan minuman terkemuka ini membawa kembali Roger Milla ke dalam iklannya. Milla (Kamerun) adalah pemain Afrika pertama yang mencetak gol di Piala Dunia. Coca-Cola memang telah menjadi sponsor Piala Dunia sejak 1978.
Untuk versi online, Coca-Cola memberi judul ‘Quest’ (Pencarian) untuk iklannya. Iklan ini berkisah tentang seorang bocah yang tidak tahu cara merayakan sesuatu. Quest bermitra dengan YouTube dan melibatkan partisipasi publik dengan meminta mereka untuk meng-upload video perayaan versi mereka masing-masing.


3. Sony Inggris

Sony menawarkan 25 permainan Piala Dunia versi 3D. Warga Inggris yang masih menggunakan TV versi lama bahkan diminta Sony untuk menukar seperangkat TV tua mereka dengan yang baru kepada Sony, agar mereka dapat merasakan pengalaman Piala Dunia yang sesungguhnya.
Sony Inggris merilis iklan berjudul ‘Retirement Home’ (Rumah Jompo) yang menampakkan mantan pelatih sepakbola Inggris, Terry Venables dan Graham Taylor, sedang asyik menonton Piala Dunia di masa tua mereka. Kesan humor ditampilkan dalam iklan ini, ketika semua perawat di rumah jompo tersebut terlihat secantik model Kelly Brook.


4. Visa Eropa

Visa Eropa merilis iklan televisi berjudul ‘Evolution.’ Iklan ini menceritakan tentang seorang pria tambun yang terinspirasi gerakan dansa yang sering ditarikan selama Piala Dunia. Ia kemudian bertekad untuk melakukan tarian
serupa. Ia meraih kartu visanya, menari sambil berjalan melewati kota dan pedesaan, sampai akhirnya ia menemukan lapangan sepakbola dan mencetak gol.


5. Budweiser

Sponsor resmi Piala Dunia membuat iklan yang menampakkan berakhirnya permusuhan tradisional antara pesepakbola Brasil dan Paraguay. Persahabatan antarpemain kedua negara itu digambarkan menyebar dengan cepat ke seluruh dunia.


6. Nike

Perusahaan yang terkenal dengan slogan ‘Just Do It’-nya ini merilis iklan berjudul ‘Write The Future’ (Raih Masa Depan) di 32 negara. Iklan ini memasang bintang-bintang sepakbola ternama sebagai modelnya, yaitu Didier Drogba, Wayne Rooney dan Cristiano Ronaldo.
Mereka muncul bersama bintang tamu seperti petenis Roger Federer dan pebasket Kobe Bryant. Untuk menggoda keingintahuan penonton, iklan ini muncul terlebih dahulu dalam versi pendek yang menampakkan Wayne Rooney yang digambarkan mengalami obesitas tinggal di sebuah karavan.


7. Pepsi

Pepsi merilis iklan berjudul ‘Oh Africa’ yang meraih 512.243 penonton hanya dalam seminggu. Penyanyi Akon mengisi soundtrack iklan tersebut. Tahun ini, Pepsi dikabarkan telah menghabiskan $20 juta untuk upaya pencitraan sosial lewat media.


8. ESPN

Iklan ESPN berjudul ‘One Game Changes Everything’ (Satu Permainan Mengubah Segalanya). Iklan ini terdiri dari tiga seri dalam format dokumenter. Seri pertama berjudul ‘Robben Island’ yang menceritakan tentang arti permainan sepakbola bagi tahanan di pulau lepas pantai Cape Town, Afrika Selatan.
Sepakbola membawa harapan bagi para narapidana tersebut yang akhirnya mendapatkan izin untuk mendirikan asosiasi sepakbola mereka sendiri pada 1965. Band U2 dan Paduan Suara Gereja Soweto berkontribusi untuk iklan itu.
Sementara itu, dua seri iklan ESPN lainnya berjudul ‘United’ dan ‘The Power of 10.’ Keduanya merayakan bersatunya berbagai kebudayaan di dunia.


9. Optus Australia

Optus adalah perusahaan telekomunikasi Australia. Optus secara tradisional dikenal dengan iklan-iklannya yang menyatukan dunia manusia dan dunia binatang. Begitu pula kali ini. Dikisahkan, terdapat kamp pelatihan rahasia
untuk mempersiapkan diri menghadapi Piala Dunia. Kemudian seorang fans timnas Australia tanpa sengaja menemukan tempat pelatihan tersebut.

Di sana, ia melihat pemain-pemain sepakbola sedang asyik berlatih dengan
binatang-binatang ganas seperti badak, buaya dan gajah. Selanjutnya terdengar suara berbunyi “Dengan Optus, semua mungkin.”


10. Birell Mesir

Birell adalah bir non-alkohol di Mesir. Dalam iklannya, tampak seorang pria berteriak dan menendang seperti wanita. Kemudian terdengar suara “Kembalikan dia (menjadi pria) dengan Birell.” Selanjutnya, pria tersebut berkata “Birell, sponsor resmi pria Mesir.

0 comments:

Post a Comment

Links

statistik

free counters

  © Free Medical Journal powered by Blogger.com 2010

Back to TOP